Senin, 23 November 2009

FESTIVAL BUDAYA BAHARI RAJA AMPAT 2010

KERANGKA ACUAN
FESTIVAL BUDAYA BAHARI KABUPATEN RAJA AMPAT 2010


1. Latar Belakang.
Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari tujuh belas ribuan pulau, beraneka suku bangsa dan adat istiadat namun satu tujuan dan satu cita-cita bernegara sebagaimana tertuang dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Untuk melaksanakan dan mencapai satu tujuan dan satu cita-cita tersebut diperlukan suatu rencana yang dapat merumuskan secara lebih konkret mengenai pencapaian dari tujuan bernegara tersebut.
Tujuan dari bernegara sebagaimana diatur dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejateraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Keadaan Topografi pada Wilayah Kabupaten Raja Ampat sebagian besar kurang lebih 80 % merupakan perairan dengan jumlah Pulau sebanyak 611 buah yang memisahkan pulau yang satu dengan pulau yang lain, sehingga kebijakan pembangunan kelautan pada masa yang akan datang di Kabupaten Raja Ampat diarahkan pada pola pembangunan berkelanjutan berdasarkan pengelolaan sumber daya laut berbasiskan ekosistem, yang meliputi aspek-aspek sumber daya manusia dan kelembagaan, politik, ekonomi, lingkungan hidup, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan teknologi. Hal ini sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Raja Ampat yaitu ‘’Terwujudnya Kabupaten Raja Ampat sebagai Kabupaten Bahari yang didukung oleh Potensi Sumber Daya Menuju Masyarakat Raja Ampat Madani Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia’’.


2. Nama dan tema Kegiatan
Nama kegiatan adalah Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat 2010. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah ”Dengan Semangat Budaya Bahari kita wujudkan Kabupaten Raja Ampat menjadi Kabupaten Kepulauan yang Mandiri, Maju, Kuat dan Berbasiskan Kepentingan Nasional”
3. Tujuan
Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 ini bertujuan untuk:
1. Membangkitkan wawasan dan budaya bahari, antara lain melalui :
(a) pendidikan dan penyadaran masyarakat tentang kelautan yang dapat diwujudkan melalui semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan;
(b) melestarikan nilai-nilai budaya serta wawasan bahari serta merevitalisasi hukum adat dan kearifan lokal di bidang kelautan; dan
(c) melindungi dan menyosialisasikan peninggalan budaya bawah air melalui usaha preservasi, restorasi, dan konservasi.
2. Meningkatkan dan menguatkan peranan sumber daya manusia di bidang kelautan yang diwujudkan, antara lain, dengan
(a) mendorong jasa pendidikan dan pelatihan yang berkualitas di bidang kelautan untuk bidang-bidang keunggulan yang diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja dan
(b) mengembangkan standar kompetensi sumber daya manusia di bidang kelautan. Selain itu, perlu juga dilakukan peningkatan dan penguatan peranan ilmu pengetahuan dan teknologi, riset, dan pengembangan sistem informasi kelautan.
3. Mengembangkan industri kelautan secara sinergi, optimal, dan berkelanjutan yang meliputi
(a) perhubungan laut;
(b) industri maritim;
(c) perikanan;
(d) wisata bahari;
(e) energi dan sumber daya mineral;
(f) bangunan laut; dan
(g) jasa kelautan.
4. Mengurangi dampak bencana pesisir dan pencemaran laut dilakukan melalui
(a) pengembangan sistem mitigasi bencana;
(b) pengembangan early warning system;
(d) pengembangan sistem pengendalian hama laut, introduksi spesies asing, dan organisme laut yang menempel pada dinding kapal; serta
(e) pengendalian dampak sisa-sisa bangunan dan aktivitas di laut.
5. Meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di kawasan pesisir dilakukan dengan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif skala kecil yang mampu memberikan lapangan kerja lebih luas kepada keluarga miskin.
4. Lokasi dan peserta Kegiatan
Kegiatan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 dipusatkan di Waisai Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Kegiatannya akan melibatkan Aparat Birokrasi, TNI/POLRI, LSM, Dunia Usaha, Pelajar dan Masyarakat yang tersebar pada 17 Distrik di Kabupaten Raja Ampat.
5. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 akan dilaksanakan mulai hari Minggu tanggal 2 Mei 2010 s/d hari Jumat tanggal 7 Mei 2010, mulai jam 16.00 – 22.00 WIT.
6. Kegiatan
Kegiatan-kegiatan yang ditampilkan dalam Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 merupakan perpaduan berbagai acara yang saling memperkuat satu sama lain yang meliputi :
a. Pameran
Berbagai informasi disediakan dalam pameran ini sehingga pengunjung dapat mengetahui potensi bahari yang menghasilkan barang-barang bernilai ekonomis, berbagai masalah lingkungan serta pencegahannya. Di dalam kegiatan pameran ini melibatkan 17 Distrik se-Kabupaten Raja Ampat dan dilibatkan para mitra baik dari kalangan LSM maupun swasta untuk turut serta terlibat di dalam pameran.
b. Parade Alat Transportasi Tradisional
Melalui Parade dan Atraksi Alat Transportasi Tradisional para pengunjung diberikan informasi tentang Alat Transportasi Tradisional yang digunakan Masyarakat Raja Ampat jaman dahulu dalam mengarungi lautan.
c. Parade Alat Tangkap Ikan Tradisional
Melaui Parade dan Atraksi Alat Tangkap Ikan Tradisional para pengunjung diberikan informasi tentang Jenis Alat Tangkap Ikan Tradisional dan cara penggunaannya oleh Masyarakat Raja Ampat jaman dahulu.
d. Kuliner
Dalam Festival ini juga ditampilkan jenis-jenis kuliner yang merupakan khas Masyarakat Raja Ampat jaman dulu dengan menampilkan proses pengolahan mulai dari bahan mentah sampai siap saji, sebagai contoh sagu untuk papeda dimana akan diatraksikan proses pengolahan mulai dari batang sagu dibelah, ditokok sampai dengan jadi sagu.
e. Seni Anyaman dan Ukiran Tradisional
Ditampilkan seni membuat anyaman tradisional yang digunakan oleh Masyarakat Raja Ampat jaman dulu untuk keperluan sehari-hari seperti tikar dan sebagainya maupun sebagai cinderamata juga ditampilkan seni ukiran.
f. Pentas Kesenian Tradisional
Panitia juga akan mengadakan pertunjukan kesenian yang akan menampilkan kesenian tradisional asli masyarakat Kabupaten Raja Ampat maupun kesenian tradisional yang telah berkolaborasi dengan daerah lain dalam masyarakat Raja Ampat yang majemuk. Acara ini dimaksud melibatkan 17 Distrik se-Kabupaten Raja Ampat dan mengajak berbagai pihak terlibat di dalam kegiatan serta guna meramaikan acara dengan lebih banyak menarik perhatian pengunjung untuk datang ke acara Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 tersebut.
g. Lomba Olah Raga Air
Guna memeriahkan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 juga diadakan perlombaan Jenis-jenis olah raga air seperti :
a. Perahu Naga;
b. Perahu Ketinting;
c. Perahu Bebek;
d. Orientasi Bawah Air
h. Eksebisi Volley Pantai dan Sepak Bola Pantai.
Olah raga Volley Pantai dan Sepak Bola pantai ditampilkan dalam Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 namun hanya berupa pertandingan eksebisi yang melibatkan pengunjung.
7. Kegiatan Lain
Kurang lebih empat bulan sebelum Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010, panitia akan mengadakan kegiatan kampanye lewat radio dan media massa serta internet, yang tujuannya adalah memperluas dampak, agar lebih banyak orang mendapatkan informasi dan mempromosikan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010.
Panitia mengundang berbagai pihak yang peduli untuk turut meramaikan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010. Para mitra mengadakan kegiatan sendiri-sendiri, dan Panitia memberikan pelayanan manajemen.
8. Pembiayaan dan Bentuk Dukungan
Kegiatan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 dibiayai dari APBD Kabupaten Raja Ampat T.A 2010 dan dengan dukungan dari :
a. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata serta Departemen Kelautan dan Perikanan;
b. Provinsi Papua Barat T.A 2010;
c. Sponsor;
Adalah lembaga/perorangan yang memberikan bantuan pendanaan di atas Rp. 10.000.000,-.
Ada tiga jenis sponsor yaitu : sponsor tunggal, sponsor utama dan sponsor biasa. Penjelasan lebih jauh tentang ini dapat dilihat pada lembar penawaran sponsorship.

d. Pendukung
Pendukung adalah lembaga/perorangan yang bentuk bantuannya khusus atau dalam bentuk uang dengan nominal antara Rp.1.000.000,- sampai Rp.10.000.000,-. Kerjasama antara pemberi bantuan khusus dan tertuang dalam proposal dan perjanjian khusus. Contoh bentuk bantuan khusus :
 Stasiun radio yang memberi ruang untuk penyiaran ad lips (selama satu bulan, minimal tiga kali sehari) dan/atau talk show dengan durasi minimal 0.5 jam.
 Pihak-pihak atau perusahaan yang memberikan pinjaman kendaraan bagi persiapan dan pelaksanaan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010.
 Nama atau logo pendukung akan dicantumkan pada poster dan Baligo, di bagian bawah. Ukuran akan disesuaikan dengan disain poster dan baligo. Gambaran peletakan nama/logo dapat dilihat pada lampiran.
e. Mitra
Mitra adalah lembaga/kelompok/perorangan yang ikut serta menjadi penyelenggara atau mengadakan kegiatan yang terkait dengan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010. Contoh mitra adalah :
 Klub Selam MARINDA yang mengadakan acara eksebisi orientasi bawah air di lokasi kegiatan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010;
 Lembaga yang mengadakan pameran kegiatan lingkungan atau kegiatan lainnya di lokasi kegiatan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 seperti Conservation International (CI).
Mitra dipersilahkan mengatur kegiatannya sendiri, Panitia akan memberikan pelayanan pengelolaan kegiatan dasar seperti perijinan, lokasi dan koordinasi penempatan kegiatan.
Nama mitra akan dicantumkan di dalam baligo dan poster. Selain itu, Panitia juga mengumpulkan dana dengan menjual Harga Tanda Masuk ke Lokasi Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 kepada pengunjung/masyarakat.
9. Organisasi Pelaksana
Organisasi Pelaksana Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 ditetapkan dengan Keputusan Bupati Raja Ampat yang melibatkan unsur Birokrat, TNI/POLRI, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Dunia Usaha serta Masyarakat.
a. Panitia:
 Ketua : Ir. BECKY J. RAHAWARIN, MM
 Wakil Ketua : ALBERTH (CI)
 Sekretaris : Drs. U N T U N G
 Wakil Sekretaris : JOHAN MANPIOPER
 Bendahara : DJALALI, S.Sos
 Wakil Bendahara : MIKHA MIRINO
• Seksi Humas, Promosi dan Acara : HANOCK HAMADY
• Seksi Perlengkapan : ISKANDAR URBINAS
• Seksi Keamanan : POLAIRUD POLRES RAJA AMPAT
• Seksi Transportasi : Drs. BURHANUDDIN TAHER
• Seksi Kesehatan : Dr. ENGELBERTH WADER
• Seksi Konsumsi : PKK KABUPATEN RAJA AMPAT
 Koordinator Bidang Pameran : H A K I M
 Koordinator Bidang Parade Alat Transportasi Tradisional : SEM BELSERAN, S.Sos
 Koordinator Bidang Parade Alat Tangkap Tradisional: SYARIF
 Koordinator Bidang Kuliner : LUTHER BINTER
 Koordinator Bidang Seni Anyaman dan Ukiran : ALFARIS MAMBRAKU
 Koordinator Bidang Pentas Seni Tradisional : Ir. YUSDI LAMATENGGO
 Koordinator Bidang Olah Raga Air : WILLEM MAMBRASAR, MM
 Koordinator Bidang Eksebisi Volley Pantai dan Sepak Bola Pantai : SONY B
b. Alamat Sekretariat
Bagian Perlengkapan Setda Kabupaten Raja Ampat pada Kantor Bupati Raja Ampat di Waisai Distrik Waigeo Selatan Kabupaten Raja Ampat Papua Barat
Tel. :
Fax : (0411) 402650
E-mail :
Contact Person : Petrus Rabu, S.Fil. (0813 4456 5989)

c. Pendanaan
Dana yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. …………….. Rincian anggaran dapat diperoleh dari Panitia (hubungi melalui telepon atau email).
No Rekening :
Bank Bank Papua KCP Waisai
Nomor rekening : ........................................
a/n : ……………………../…………………………..
6. Penutup
Untuk menjamin keberhasilan Festival Budaya Bahari Kabupaten Raja Ampat Tahun 2010 perlu disusun desain program yang meliputi perencanaan kegiatan, pembiayaan, organisasi pelaksanaan, mekanisme dan pola pelaksanaan kegiatan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk masing-masing kegiatan pada setiap bidang.
Waisai, November 2009
PANITIA FESTIVAL BUDAYA BAHARI KABUPATEN RAJA AMPAT
TAHUN 2010

SEKRETARIS, K E T U A,


Drs. U N T U N G Ir. BECKY J. RAHAWARIN, MM

Mengetahui:
BUPATI RAJA AMPAT,


Drs. MARCUS WANMA, M.Si

2 komentar:

  1. Maju Raja Ampat! Unjuk Prestasi!

    BalasHapus
  2. Bang,
    Saya dan team sedang menyusun tulisan pemasaran pariwisata di web nasional. Mohon dibantu referensi tulisan tentang Pulau Wayang dan Kepulauan Raja Ampat. Saya sedang membuat artikel tentang dua judul di atas. Mohon dikirim ke angke.leisure@gmail.com bila memungkinkan.
    Terima kasih.

    angke

    BalasHapus