Minggu, 22 November 2009

Raja Ampat Raih Anugerah Pariwisata 2009


Ini merupakan prestasi luar biasa yang ditorehkan Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat pada tahun 2009 ini”
Tiga hari menjelang peringatan empat Tahun Kepemimpinan Drs. Marcus Wanma, M.Si dan Drs. Inda Arfan, pemerintah dan masyarakat Raja Ampat mendapat penghargaan istimewa sebagai salah satu Kabupaten di Indonesia yang meraih penghargaan Anugerah Pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Award) tahun 2009.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo, S.Pi, M.Si, Anugerah Pariwisata Indonesia Tahun 2009 tersebit diserahkan secara langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, yang berlangsung di Hotel Nikko, Jakarta, 13 November 2009.
Yusdi menjelaskan Anugrah Pariwisata Indonesia / Indonesia tourism award 2009 tersebut sebagai upaya mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia , dimana Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Majalah SWA menyalenggarakan Anugrah Pariwisata Indonesia / Indonesia Tourism Award [ITA] 2009. “Anugrah pariwisata Indonesia /Indonesia Tourism Award [ITA] 2009 ini merupakan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Daerah dan pelaku industri Pariwisata yang telah berjasah memberikan simbangsi dalam mengembangkan Pariwisata di Indonesia,” kata Yusdi.
Anugrah Pariwisata Indonesia 2009 yang untuk pertama kali diselenggarakan ini diharapkan menjadi motivasi bagi kepala daerah dan para pelaku industri pariwisata,juga pemangku kepentingan indistri wisata lainnya. Kepala Daerah yang menjadikan Pariwisata sebagai salah satu unggulan didaerah diharapkan akan semakin memajukan industri Pariwisata di Indonesia dimasa yang akan datang. Anugerah Pariwisata Tahun 2009 dibagi dalam tiga kateogri, antara lain; Pertama, Indonesia Best Destination. Penghargaan ini diberikan kepada Kota/ Kabupaten terbaik yang proses pemelihannya dilakukan melalui survei di kota / Kabupaten yang masuk nominasi . Dalam hal ini, penilaian dilakukan terhadap aspek ; kebersihan , informasi wisata , kewajaran biaya, promosi, keragaman obyek, keamanan, keunikan obyek, dan keramahan . Selain iti juga penilaiyan dilakukan terhadap seberapa besar wisatawan merekomendasikan kepada Wisatawan lain untuk mengunjungi kota / Kabupaten tersebut. Diantara Kota / Kabupaten tersebut adalah ; Kota Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung , Solo, Lombok barat dan Manado.
Kedua, The Most Favorite in Tourism Industry. Penghargaan ini diberikan kepada para peyedia jasah di sector-sektor yang termasuk dalam cakupan industri Pariwisata, yaitu bagi para pengusaha hotel. Ketiga, Tourism Special Award. Pengargaan khusus ini di berikan kepada kota/kabupaten yang memiliki keungulan dan keunikan.Tolak ukur yang dinilai investari Industri, inovasi, keunikan dan daya tarik sebagai daerah tujuan wisata.
Diantara penerima penghargaan kategori ini adalah Kabupaten Raja Ampat, Mangarai Barat, Kota Purbalingga. Malam Penyeraan Anugerah Pariwisata Indonesia ini Kabupaten Raja Ampat diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Kebudayaan dan Pariwisata.
Yusdi menjelaskan pada penyeraan Anugrah Pariwisata Indonesia tahun 2009, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata membrikan pesan khusus kepada pemerintah dan masyarakat Raja Ampat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan menjaga keamanan dan kenyamanan wisatwan selama berada di Raja Ampat. “Beliau meminta agar hal ini tetap di pertahankan. Dengan adanya apresiasi ini , di harapkan para Kepala Daerah dan para pelaku Bisnis Pariwisata terpacu untuk memajukan dunia Pariwisata di Indonesia,” ujar Yusdi menirukan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI.
Kata Yusdi, ia juga berharap serta sangat optimis pada tahun 2010 nanti Raja Ampat tetap menerima penghargaan ini dan kalau bisa masuk dalam Indinesia Best Destination atas perhatian dan kepedulian sangat besar dari Bupati Raja Ampat Drs. Marcus Wanma, M.Si dalam membangun Pariwisata manjadi jaminan utama dari harapan Bapak Mentri tersebut. Pemberian Anugrah Pariwisata Indonesia Tahun 2009 Kepada Kabupaten Raja Ampat ini merupakan kado Manis Pemerintahan MARINDA yang ke IV yang jatuh pada tanggal 16 November 2009. Rasa –rasanya tidaklah berlebihan bilah menyatakan bahwa pada tahun ke IV Pemerintahan Drs. Marcus Wanma, Msi dan Drs. Indah Arfan, Kabupaten Raja Ampat suda bisa di sejajarkan malah melebihi Kabupaten/ Kota lainnya yang telah lebih dulu lahir Khususnya dalam dalam pengembangan Pariwisata . “Ini merupakan prestasi luar biasa yang ditorehkan Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat pada tahun 2009 ini,” ungkap Yusdi. By. Petrus Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar