Minggu, 22 November 2009

Sambutan Ketua Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Raja Ampat

SAMBUTAN KETUA CCEB/DPMP
PADA PERTEMUAN DEWAN PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT PESISIR KABUPATEN RAJA AMPAT
WAISAI, 23 NOVEMBER 2009

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Dan Selamat Pagi

Yth. Kapolres Raja Ampat
Yth. Sekda Kabupaten Raja Ampat
Yth. Pejabat eselon II dan III di Lingkungan Pemda Raja Ampat
Yth. Ketua Program Manager Unit dan staf Coremap II Raja Ampat
Yth. Pimpinan Organisasi LSM, CI dan TNC

Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, tokoh Wanita, Pengurus dan anggota Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Raja Ampat serta undangan yang berbahagia

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas perkenananya, kita dapat bertemu di tempat ini dalam rangka Pertemuan Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Kabupaten Raja Ampat.

Patut disyukuri pula, bahwa Kabupaten Raja Ampat, dimana kita hidup dan berada, dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Di satu sisi menuntut upaya-upaya perlindungan, pelestarian dan pengelolaan secara bijaksana, namun disisi lain ada indikasi pengelolaan dan pemanfaatan yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, perlu upaya-upaya prefentif sehingga pengelolaan sumber daya alam di kabupaten berkelanjutan.

Hadirin yang saya hormati,

Munculnya Program Rehabilitasi Terumbu Karang Tahap Ke-2 atau Coremap II merupakan salah satu jawaban agar sumber daya pesisir kita tetap lestari dan memberikan jaminan kehidupan bagi masyarakat Raja Ampat. Terpilinya kabupaten Raja Ampat sebagai salah dari tujuh daerah program Coremap II dikarenakan Raja Ampat memiliki terumbu karang terindah dan berada tepat di jantung penyebaran terumbu karang dunia. Karena itu, berkat dana pinjaman Bank Dunia serta alokasi anggaran tahunan sebesar 10 % dari APBD Kabupaten Raja Ampat, program Coremap II sebagai kerja sama antara Pemda Raja Ampat dengan Departemen Kelautan dan Perikanan digagas untuk menjaga kelestarian dan keutuhan terumbu karang yang bertebaran di kawasan pesisir bumi baharĂ­ Raja Ampat.

Dan selama kurun waktu lima tahun terakhir, Coremap II Raja Ampat bukan hanya memfokuskan diri pada upaya pelestarian terumbu karang tetapi juga terlibat secara aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat pesisir di Raja Ampat, seperti upaya-upaya menciptakan peluang bagi masyarakat pesisir untuk menentukan kebutuhan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan, yang tentunya bermuara pada terciptanya kemandiran permanen dalam kehidupan masyarakat.

Kualitas kesadaran masyarakat ini diukur dari kebeadaan kualitas lingkungan, peningkatan pendapatan atau income serta peningkatan kapasitas lembaga pengelolaan terumbu karang. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir yang dilakukan Coremap II melalui bantuan dana pinjaman baik kepada individu maupun kelompok wirausaha di tiap-tiap kampung pendampingan bertujuan memperkuat sendi-sendi perekonomia masyarakat pesisir.

Hadirin dan Anggota Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir yang saya hormati,

Sebentar lagi, program Coremap II di Raja Ampat akan berakhir. Saat ini pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan Pihak Bank Dunia untuk keberlanjutan program rehabilitasi terumbu karang di Kabupaten Raja Ampat. Selaku Ketua Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir sekaligus sebagai Bupati Raja Ampat, saya menyampaikan terima kasih banyak dan penghargaan setingginya kepada semua pihak: Pengurus dan Anggota Dewan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Ketua Program Manager Unit dan seluruh staf Coremap II Raja Ampat yang dengan setia dan tekun melakukan pendampingan dan pembinaan bagi pemberdayaan masyarakat Raja Ampat.

Saya berharap, apa yang dicapai Coremap II dapat dilanjutkan oleh Instansi Teknis terkait di Kabupaten Raja Ampat. Coremap II hanya sebagai penginisiasi tetapi upaya pelestarian terumbu karang, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Raja Ampat merupakan tanggunjawab kita semua, khususnya Satuan Perangkat Kerja Daerah di lingkungan pemda Raja Ampat.
...................................................................
Saya juga berharap pertemuan yang kita lakukan hari ini memberikan kontribusi pemikiran dan rekomendasi bagi arah kebijakan pembangunan Kabupaten Raja Ampat. Semoga apa yang kita lakukan hari ini membawa kesejahteraan bagi masyarakat Raja Ampat di masa-masa yang akan datang.

Sekian dan terima kasih

KETUA DEWAN PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT PESISIR



DRS. MARCUS WANMA, M.SI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar