Selasa, 17 November 2009

HUT Ke- 4 Marinda, Raja Ampat Raih Tourism Award 2009

Suasana Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Senin, 16 November 2009 begitu ramai. Ribuan masyarakat Raja Ampat, memadati Pantai WTC (Waisai Tercinta) untuk mengikuti malam puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-4 Kepemimpinan Bupati Drs. Marcus Wanma, M,Si dan Wakil Bupati, Drs. Inda Arfan yang... biasa dipanggil Marinda. Group Band Abreso yang berasal dari Jakarta tampil memukau dengan mendendangkan berbagai jenis lagu untuk menghibur masyarakat Raja Ampat.
Pada malam puncak peringatan HUT ke-4 Marinda ini, selain acara resepsi juga diadakan penyerahan hadiah bagi kejuaraan bola volley, footsal dan lomba pembuatan baliho. Untuk pertandingan bola volley, juara satu diraih tim bola volley dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Raja Ampat yang mendapatkan piala, piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp. 15 juta, juara dua diraih oleh tim bola volley Kabupaten Sorong Selatan yang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta, juara tiga diraih tim bola volley Gahal yang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 7,5 juta, dan juara empat diraih oleh tim bola volley Polres Raja Ampat mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta. Selain itu, bupati Raja Ampat juga menyerahkan hadiah bagi juara footsal dan lomba baliho yang diikuti SKPD di lingkungan pemda Raja Ampat. Untuk lomba baliho, keluar sebagai baliho terbaik berdasarkan penilaian dewan juri adalah Dinas Pendidikan dan Pengajaran, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
Disamping menyerahkan hadiah bagi juara-juara pertandingan dan perlombaan dalam rangka HUT ke-4 Marinda, Bupati Raja Ampat juga menyerahkan bantuan buku tulis dan buku paket kepada siswa-siswa di Raja Ampat mulai dari Taman Kanak sampai dengan Sekolah Menengah Lanjutan Atas serta bantuan motor temple bagi kepala sekolah di Raja Ampat. Penyerahan ini sebagai wujud kepedulian Pasangan Marinda akan dunia pendidikan di bumi bahari Raja Ampat.
Selain Marinda memberikan hadiah. Malam itu juga Marinda mendapatkan kado istimewa dari pemerintah Indonesia melalui Departemen Kebudayaan dan pariwisata sebagai kepala daerah yang peduli dan komitmen pada pengembangan pariwisata di tanah air. Dimana Kabupaten Raja Ampat menjadi salah satu daerah di tanah air yang mendapatkan Anugerah Pariwisata Indonesia tahun 2009 atau Tourism Award 2009. Penghargaan ini diberikan atas kepedulian Wanma terhadap pelestarian lingkungann dan pengembangan sector pariwisata di Kabupaten Raja Ampat sehingga menjadi daerah kunjunagn wisata yang unik.
Wanma mengakui anugerah tersebut sebagai kepercayaan dan tanggung jawab bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Raja Ampat untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan serta potensi budaya guna memajukan dunia pariwisata di tanah air. Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia, lebih khusus kepada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia yang telah menggagas penganugerahan yang pertama kali dilakukan di nusantara ini. Ia juga berharap agar masyarakat tetap menjaga dan melestarikan pontensi wisata serta menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan dunia wisata di Kabupaten Raja Ampat.
Sementara itu, kaitan dengan peringatan HUT ke-4 Marinda, Wanma mengatakan perjalanan kepemimpinan Marinda dalam membangun Kabupaten Raja Ampat tak terlepas dari keterlibatan semua elemen masyarakat sehigga secara bertahap, kabupaten Raja Ampat menunjukkan jati dirinya sebagai kabupaten yang tak kalah bersaing dengan daerah lain yang lebih awal sebagai daerah otonom. Dikatakan Wanma, sejarah akan tetap dikenang ketika menjadi milik dan memiliki banyak orang. Sejarah setahun kepemimpinan Marinda di usia keempat merupakan sejarah masyarakat, karena melibatkan masyarakat dan memiliki masyarakat didalamnya. Oleh karena itu, peristiwa demi peristiwa yang terjadi setahun, kata Wanma diharapkan memberikan warna baru bagi agenda dan perjalanan hidup masyarakat Raja Ampat dalam melanjutkan karya-karya yang lebih besar.
Diakhir doa dan harapan itu, Wanma berpesan masyarakat terus dan tetap terlibat dalam pembangunan Kabupaten Raja Ampat. By. Petrus Rabu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar